Kenapa komunitas itu ada ? Part 1

5500

Apa sih komunitas itu sebenernya? Jangan-jangan kita selama ini asal nyomot nama tanpa tahu arti, makna dan tujuannya.

Komunitas adalah sekumpulan orang/golongan yang berinteraksi satu sama lain dalam hubungan sosial atau bisnis dengan limitasi-limitasi tertentu. Terbentuknya komunitas pun dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Maknanya, komunitas itu akan terbentuk karena rasa kebutuhan sosial dan interest yang sama satu dengan yang lain.

Lalu apa tujuan komunitas? Tujuan komunitas yang paling utama ada untuk memperoleh sudut pandang obyektif yang sama, di sini bukan untuk menonjolkan paham egoisme.

Dalam komunitas vape, saya melihat makna dan tujuan komunitas sudah mulai disamarkan. Cover utamanya mungkin seolah seperti social community, tapi pada hakekatnya adalah “pemanfaatan” bisnis bagi kelompok² tertentu.

Seolah-olah, mereka sharing the same interest, tapi dibalik itu mereka sebenarnya sedang membangun sebuah “kartel” bisnis.

Penggiringan opini dan cara berfikir dipengaruhi oleh para “aktor” yang berperan sebagai “penyambung lidah” si pelaku bisnis.

Kalau ada yang tanya, terus masalahnya apa? Masalahnya adalah komunitas yang terbentuk sebenarnya adalah komunitas jual beli yang disamarkan. So… Yang ada hanyalah murni penggiringan opini. Sifat komunitas adalah sharing the same idea not insisting to be the same idea.

Sehingga yang terjadi adalah penyesatan cara berfikir. Sehingga ga kaget kalau diujung hari ada yang bener² hilang arah.

Misal, mereka melakukan penggiringan opini pada sebuah produk liquid. Karena ini merupakan “kartel” pelaku bisnis, maka yang ada mereka yang duduk di 1 lingkaran plus aktor si penyambung lidah, akan memberikan opini-opini yang positif terhadap produk tersebut.

Seandainya pun ada hal yang negatif, mereka akan menutupinya dengan cara yang lebih halus. Jadi, ga terlalu kaget kalau pada akhirnya orang yang terjebak dalam opini tersebut akan menyesal kemudian hari. Walaupun…. Tidak semua opini yang diberikan selalu beda dengan kenyataan.

…Bersambung

Tinggalkan Balasan