Kenapa komunitas itu ada ? Part 2

we-went-to-vape-jam-the-uks-first-vaping-expo-388-body-image-1431538945

Kenapa komunitas itu ada? (Part 2)

Tapi (dalam komunitas), bukan berarti serta merta kita membatasi diri dan melarang pelaku bisnis gabung dalam komunitas.

Sah-sah saja… Toh kita pun butuh dengan mereka. Tapi bukan berarti mereka mengatur “eco-system” yang sudah naturally terbentuk, apalagi memanfaatkannya.

Pelaku bisnis dalam komunitas ibarat supporter/sponsor bola. Bukan melatih, mengatur manajemen apalagi mengatur pola serangan.

Kita butuh support mereka untuk mendengarkan suara-suara yang ada pada komunitas. Jangan dibalik, komunitas yang harus mendengarkan suara-suara mereka. Kalau terbalik, yang ada kita dijadikan papan reklame bagi mereka.

Pada sisi lain, anggota komunitas, juga dapat menyesuaikan dan memposisikan dirinya dalam kelompok tersebut.

Yang sering terjadi adalah saling menonjolkan prinsip atau egoisme yang sudah menyimpang dari tujuan komunitas tersebut.

Sharing dan caring adalah sesuatu yang paling mendasar dalam berkomunitas. Toh kita sebenarnya punya hubungan kedekatan yang lahir dari satu interest. Jika sharing/caring tidak terbentuk, yang ada adalah perpecahan.

Dalam komunitas vape, ga jarang anggotanya seolah membuat gap, saling mahal-mahalan device. Ga sepenuhnya salah sih selama anda tidak membuat claim yang menyesatkan.

Sebuah komunitas (vape) yang baik adalah bermanfaat bagi penghuninya maupun yang lain dalam lingkup lebih luas.

Misal, Vape Meet. Sah-sah saja kita hanya cuma ngopi, ngobrol ke sana kemari, lalu pulang.

Tapi akan lebih baik, kalau kita berkumpul, dan dapat memunculkan ide atau gagasan baru, entah itu yang berdampak pada internal komunitas atau di luar komunitas.

Terakhir, bekali diri kita sendiri dengan ilmu yang benar. Sehingga kita ga hanya sebagai vaper saja, apalagi cuma ikut-ikutan atau hanya bisa hand-check tapi minim pengetahuan.

Mudah-mudahan, semua vape komunitas dapat menjadi komunitas yang mempunyai sifat edukatif dan informatif serta membawa manfaat.

Tinggalkan Balasan