Trend POD System

podbanner_empty
Sumber: http://www.vapor4life.com

Mulai tahun 2018, dunia vaping mulai dibanjiri dengan produk-produk Pod System, entah itu sebagai closed pod atau open pod system.

Walaupun bukan barang baru, Pod system juga mengalami perubahan dengan ragam model dan inovasi.

Sekarang Pod mulai banyak dilirik dan dicari untuk dijadikan daily use atau sekedar secondary device.

Memang cukup berasalan, karena pod memiliki ukuran yang minimalis dan mungil serta ga ribet ganti kapas atau coil segala macem.

Pod menjadi “teman baik” yang bisa diajak kemana-mana dan uapnya pun sedikit, jadi ga sungkan dengan orang disekitar kita.

Pod Tidak Selalu Identik Dengan MTL Vaping Style

Ditengah-tengah “hiruk pikuk” Pod System, terselip sedikit kesalahpahaman mengenai Pod device itu sendiri.

Ketika kita mendengar Pod Device, mindset kita langsung berfikir MTL Style. Tidak 100% salah, karena secara umum memang seperti itu.

Tapi, juga tidak sepenuhnya benar. Karena Pod System, sama halnya RTA, ada yang didesain untuk MTL dan juga untuk DTL atau Restrictive Direct Lung.

Cara membedakannya sama persis dengan prinsip airflow pada RTA. Pod yang menggunakan single/non adjustable airflow, biasanya didesain untuk MTL dan juga sebaliknya.

Pod yang menggunakan airflow yang cukup besar atau biasa dibilang ngeplong, akan tidak atau kurang nyaman untuk MTL style.

Demikian dalam pemilihan liquid. Pod seringkali diidentikkan dengan Salt Nicotine. Padahal, prinsip baku liquid untuk pod ada viscosity atau kekentalan liquid itu sendiri.

Pod dapat kita gunakan dengan liquid salt atau freebase dengan komposisi PG/VG 50:50. Walaupun, beberapa merk sudah mulai membuat pod untuk digunakan dengan high VG.

Sebagai contoh Pod System untuk Direct Lung (kadang bisa juga digunakan MTL, tinggal mengatur airflownya) adalah:

Breeze 1 dan 2
Artery Pal
Mi-Pod
Zeltu, dll.

Pod System untuk MTL style:

Juul
Myle
Infinix
Renova Zero
Vladdin, dll.

Lalu mana yang harus dipilih? Ga ada jawaban yang benar untuk ini. Sesuaikan mana yang butuhkan dan sesuai dengan vaping style kita.

Tapi, secara umum, pastikan bahwa Pod yang kita beli memiliki ketersediaan cartridge yang mudah kita temukan/beli di vapestore, online/offline.

So, mudah-mudahan dengan penjelasan singkat ini, dapat membantu para vapers untuk memilih pod sesuai dengan vaping style yang diinginkan.

3 thoughts on “Trend POD System”

  1. Klo caliburn kan pod untuk mtl ya om?
    Boleh ga klo caliburn sy inhalenya pake dtl style?
    Bakal jadi cepet rusak cartidgenya kah?
    Tq om

    1. Boleh, Caliburn bisa untuk restrictive direct lung. Coil menurun performanya menurut saya tergantung dari liquid yang dipakai (gampang bikin coil berkerak bisa cepat “merusak” coil).

Tinggalkan Balasan