Charging Baterai, Bagaimana Sebaiknya?

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas sekilas tentang cara memilih baterai yang tepat untuk mod kita.

Kali ini kita akan membahas cara mengisi/charging baterai itu sendiri.

Karena mod terdiri dari dua jenis, external dan internal baterai, maka akan kita bahas keduanya.

Mod Dengan Baterai Tanam/Internal Baterai

Jika kita memiliki mod yang menggunakan baterai tanam, pengisiannya cukup simple, masukkan kabel usb dan sambungkan ke listrik melalui charger head atau laptop.

Hanya saja, pastikan kita mengikuti standar yang ditulis pada buku manualnya.

Jika yang tertulis adalah 1 amp/5V, maka pastikan, charger yang kita gunakan tidak melebihi angka tersebut.

Sebagian orang mungkin aman-aman saja menggunakan charger 2 amp, tapi, efek jangka panjangnya atau bisa jadi juga mempercepat kerusakan baterai atau minimal mengurangi umur/life span baterai itu sendiri.

Apalagi, jaman sekarang rata-rata charger HP memiliki power lebih dari 1amp. Jadi harus benar-benar diperhatikan jika kita ingin baterai awet.

Kita bisa menggunakan laptop/komputer, masalahnya, USB laptop/komputer bisa jadi mempunyai power output yang berbeda. Pastikan USB port mensuplai power yang cukup pada mod.

Sebagai catatan, pastikan mod terisi sampai penuh dan sebisa mungkin jangan digunakan (vaping sambil charging) karena bisa mengurangi umur/life span baterai juga.

Mod Dengan External Baterai

Rata-rata, mod memiliki USB port yang berfungsi untuk charging baterai dan/atau upgrade firmware.

Sering terjadi perdebatan di sini antara bisakah kita charging baterai langsung pada mod atau menggunakan external charger.

Jawabannya adalah bisa. Kita bisa charging baterai langsung pada mod. Tapi jika pertanyaan dilanjutkan, mana yang lebih baik? Jawabannya tentu menggunakan external charger.

Tentu ada alasan mengapa kita sangat disarankan menggunakan external charger.

Walaupun kita bisa menggunakan mod sebagai media charging, tapi yang harus kita ingat adalah overcharging protection on board pada mod sangat berbeda dengan external charger.

External charging memang dibuat khusus untuk mengisi baterai dengan dilengkapi auto cut off dan overcharging protection, sehingga akan jauh lebih aman.

Alasan lainnya, baterai yang kita gunakan adalah baterai yang memiliki high discharge yang mampu mengeluarkan/menghasilkan power yang cukup besar hanya dalam waktu singkat.

Walaupun mod kita “mampu” menjadi media untuk pengisian baterai, toh pada kenyataannya, pabrik pembuat mod selalu menyarankan untuk menggunakan external charger.

Di vapestore kita bisa memilih external charger dengan berbagai macam fiture dan harga.

Kalau kita mampu membeli mod dengan harga ratusan ribu bahkan jutaan, masa sih masih berat untuk membeli external charger yang jauh lebih murah demi untuk keselamatan?

34 thoughts on “Charging Baterai, Bagaimana Sebaiknya?”

  1. Gan, kalo misalnya charging trus gak bisa full itu knapa yaa….?
    Padahal gw baru beli aegis boost, eh pas di charging bisa ampe 4jam kaga full2, mentok cuman di strip 3 (logo batre nya)
    Padahal blm ada 1 bulan di beli nya…. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

    1. Batre charger itu duarisi charge nya 8-10 jam gan.peenah baca di ulasan charger batre merk Sanyo

  2. Saya punya smok rpm80 pro kit, saat ngcas d vod nya ngisi baterai cepat, gak sampe 10 menit penuh. Tp cepat juga habis, itu kenapa ya gan

    1. Pastikan out charger sesuai manual. Kl output charge lebih tinggi dr standard nya, biasanya kalau ngisi memang cepat penuh, tapi cepat habis krn pengisian tidak maksimal. Atau bisa jadi baterai drop.

  3. bang misalkan ngecas batre make eksternal sebelum di colok ke colokan itu udah ada lampu warna hijau setelah dicolok jadi warna merah,nah itu udah dua jam lebih warna lampu tetep merah bang,kira” apa kaya gitu batrenya ngecas ngisi atau engga ya?

  4. Ane punya vape battlestar tapi di charger nya pke casan hp, dicas nya hampir 5 jam dan dipke nya gak sampe setengah jam langsung lowbet lagi.

  5. Mass kok pas nge cass i switch masuk nyala awalnya merah gak berapa menit hilang warnanya trus gak ke isi itu gimana ya?

  6. Saya pnya vape merk smoant,battlestar nano..ketika dicas lampu indikator warna putih,trus mati..2 jam gak ngisi..knpa ya? Terima kasih,mohon bantuannya

  7. Bang ane punya sense herakles casanya padahal tinggal dikit lagi penuh tapi pas di cabut selalu low batre terus, di cas lama juga tetep begitu kenapa ya bang

  8. Bg saya pnya POD merek smok nord kit. Trus pas d cas lampuny merah trus gk hijau”.pas d cabut dri casan pun ttep wrna merah. Itu knpa ya?

Tinggalkan Balasan