Holic RDA MTL, Kolaborasi Cina-Jepang, Is It Good?

Semenjak trend MTL style makin marak, makin banyak pula pilihan device terutama atomizer yang di design khusus untuk MTL. Holic RDA salah satunya, andalan terbaru dari Vapefly.

Namun, sepengetahuan saya, tidak banyak RDA MTL yang berhasil sebagai “True MTL device”, entah itu karena faktor sistem airflow atau dari sisi flavornya.

Vapefly, sebelumnya, cukup sukses dengan atomizer-atomizer MTLnya, bagaimana dengan Holic, hasil karya antara Vapefly dan Horick TV?

Spesifikasi dan Fitur
Holic RDA MTL
Diameter: 22.2mm
Tinggi: 45.7 (dengan driptip)
Material: Stainless Steel
Warna: SS, Hitam, Gold, Gunmetal, Rainbow

Desain dan Build Quality

Pertama kali melihat Holic RDA di official website Vapefly, desainnya menarik. Mereka “mengidentikkan” seperti “piston” tapi kalau saya bilang mirip stupa candi. Driptip menggunakan 510 PMMA.

Di bagian cap, ada lubang airflow pada dua sisinya, sisi pertama terdiri dari 6 lubang dan sisi lainnya 3 lubang.

Fungsi af pada cap bisa digunakan sebagai single af (1 sisi saja) atau dual (kanan kiri).

Di bagian deck, Holic menggunakan 3 lubang airflow. 2 af saling di bagian post deck (kanan-kiri), dan satu lagi tepat dibawah coil/bottom af.

2 af yang dibagian post deck bisa dibuka atau ditutup dengan memutar baut menggunakan obeng minus/flat.

Jarak post deck cukup besar, bisa untuk menampung coil sampai dengan diameter 3mm, bahkan juga bisa menggunakan coil art.

Di tepi deck, ada 2 lekukan untuk memudahkan kita saat memposisikan coil.

Sedangkan daya tampung liquid yang dimiliki Holic kurang lebih 1ml. Sudah cukup lumayan lah.

Bagian bawah deck terdapat pin connector yang juga bisa diganti dengan squonk pin jika kita menggunakan squonk mod.

Dari segi kualitas, Holic RDA bisa dibilang bagus, apalagi juga disertakan beauty ring untuk mempercantik tampilan dan finishingnya pun cukup smooth.

Performa dan Flavor

Menggunakan kawat kanthal 26awg, 0.7 ohm dan 0.6ohm, flavor yang dihasilkan, menurut saya, sangat memuaskan. Nothing missed.

Untuk MTL style, saya menggunakan beberapa variasi airflow, bottom only, bottom dan side af terbuka sedikit, af cap menggunakan yang paling kecil, single dan double.

Sedangkan untuk direct lung (restrictive), af samping terbuka penuh, dan menggunakan dual af yang paling besar pada cap.

Dari semua kombinasi yang dicoba, Holic tetap memberikan flavor yang stabil. Satu sama lain tidak berbeda jauh dan airflow sangat smooth alias tidak berisik.

Jika harus dibandingkan, flavor yang dihasilkan Holic jauh lebih unggul dari Berserker RDA dan Cthulhu 1928 bahkan mungkin RDA MTL lain buatan China dengan range harga yang sama. Karena sistem airflow Holic sangat mumpuni.

Untuk cons, hanya O-ring yang cukup keras, mungkin karena yang saya terima adalah versi sample (box warna biru).

Tapi setelah saya konfirmasi dengan Vapefly, mereka mengatakan untuk final version sudah ada perbaikan.

Kesimpulan

Paling tidak, sampai sekarang, Holic RDA merupakan RDA MTL terbaik buatan China yang pernah ada. Holic mampu memunculkan flavor yang sama baik untuk MTL ataupun DTL.

Opsi airflownya bisa memberikan banyak pilihan. Mulai dari tight draw, mungkin buat sebagian orang super tight, loose MTL, sampai ke direct lung.

Kita hanya butuh otak-atik kombinasi airflow, tanpa harus ribet bongkar pasang baut, sampai sesuai dengan selera kita.

Dengan airflow yang smooth, banyak pilihan airflow, flavor yang fantastis, build quality yang bagus serta harga yang cukup murah, menjadikan Holic RDA MTL one of the best RDA MTL you must have.

Pros
Build Quality
Banyak opsi pilihan airflow
Full of flavor
Beauty Ring
Coiling mudah
Jarak post deck luas

Cons
O-ring cukup keras

10 thoughts on “Holic RDA MTL, Kolaborasi Cina-Jepang, Is It Good?”

  1. Setelah membaca blog ini, kebetulan saya tertarik dengan gaya MTL di MOD reguler elektrikal. Kebetulan skg baru beli Holic RDA MTL.
    Untuk settingan ny sndri, sya butuh arahan ini mastah. Utk mslh coil. Kebetulan saya pny liquid Jam Monster Strawbery.
    Kira2 settingan yang pas utk liquid ini coil ukuran brp dan diameter berapa ya…. Mohon bantuan nya mastah, msh new di gaya Vape ini…

  2. Saya sedang mencari atomizer untul mtl, Kalo boleh meminta saran, lebih baik ambil rdta galaxies atau rda holic?

    1. Saya pribadi lebih cenderung menyarankan penggunaan nicsalt dengan Pod. Untuk anjuran mg nicsalt relatif, jika memang untuk berhenti merokok, saya sarankan mulai dari 25mg. Semakin tinggi nikotin yang masuk, juga akan berdampak negatif. Sesuaikan kebutuhan saja.

  3. Holic rda memang multi fungsi, buat mtl enak, buat dtl masih bisa, saya mau tanya om kalo dicompare sama rta berseker v1.5 untuk mtl lebih enak mana ya?

  4. Pernah punya penglaman kaki dek holiv mtl lepas, punya saya lepas, untuk menyambungnya kayaknya muda tinggal muter baut dari bawah masalahnya dek holic mtl seluruh dek bawah tidak bisa di otak atik, karena permanen, ada saran bang?

    1. Saya pake holic mtl rda, ada nya kawat 28ga, pake liquid manhattan french 12mg, biar flavour nya kena semua gmna ya settingan nya

Tinggalkan Balasan