Druga Narada AIO, Bagus, Tapi…

Nama besar Druga ga bisa dipungkiri lagi dalam dunia vape, nasional maupun internasional. Sukses besarnya merilis Druga RDA dan Druga Foxy, adalah 2 bukti nyata keberhasilannya.

Banyaknya peminat AIO device akhir-akhir ini menjadi alasan paling tepat untuk Druga merilis device Druga AIO yang diberi nama Narada.

Druga Narada AIO spesifikasi:

Ukuran: 85 x 37 x 19mm
Berat: 129g Case
Material: Zinc Alloy + Plastic
Baterai: Built-in 1100mAh
Kapasitas Cartridge: 2.8ml
Resistensi coil: 0.5 dan 0.6Ω

Fitur:
Protection:
Low & high resistance
Overheating
Short circuit
Overcharging / over-discharge
Type C, charging current 2.4A

Desain dan Build Quality

Augvape dan Druga mendesain Narada hampir sama dengan Druga Foxy. Bahkan bisa dibilang, ini adalah Foxy mini versi AIO karena kemiripannya.

Desainnya cukup simple terbuat dari zinc alloy dan plastik. Nyaman dan mantap digenggam dengan kualitas yang bukan murahan.

Ada jendela dengan ukuran cukup besar untuk melihat liquid dalam cartridge dan pada bagian bawahnya terpasang USB type-C yang support fast charging.

Sisi lainnya adalah backdoor yang menempel pada 3 titik magnet dan tempat untuk cartridge.

Kapasitas cartridge 2.8ml dengan logo Druga yang membuat tampilannya jadi menarik.

Cartridge Narada memiliki 5 titik lubang airflow. Untuk mengatur airflow, Narada menggunakan rubber plug.

Kita bisa menutup lubang airflow sebagian sesuai keinginan. Masalahnya adalah, rubber plugnya kecil sekali dan rentan hilang.

Menurut saya kurang efektif dengan menggunakan metode tersebut. Tapi yang saya dengar, Narada akan mengeluarkan model cartridge dengan airflow yang telah dirubah sistemnya.

Ada lampu indikator yang akan menyala ketika tombol fire ditekan yang juga berfungsi sebagai baterai indikator.

Putih jika baterai penuh dan akan menyala merah jika power sekitar 3.5V. Jika telah mencapai 3.3volt, lampu akan kedip dan device tidak bisa digunakan.

Pada bagian atas, Narada menggunakan 510 yang bisa dilepas/diganti dengan driptip lain.

Sisi samping, hanya ada tombol power berfungsi sebagai on/off dan firing. Tidak ada pengaturan watt/power di AIO ini. Tombol power/firing button, besar, smooth dan clicky.

Performa dan Flavor

Druga Narada memberikan 2 jenis BVC coil, 0.5ohm SS316 dan 0.6 mesh Kanthal.

Secara performa, keduanya tidak ada masalah, wicking good walau dicoba chain vape beberapa kali. Selain BVC coil, juga ada RBA coil head yang dijual terpisah, tapi ketika review ini ditulis, saya belum sempat mencoba.

Ramp up bisa dibilang cepat dan galak. Tidak ada fitur power adjustment. Airflow sangat smooth, ga ada gurgling, leaking atau kondensasi.

Kalau saya bilang, device ini murni untuk restrictive DTL, kalau dipaksakan untuk MTL pun, akan sangat loose walaupun tinggal menyisakan 1 lubang airflow.

Untuk flavor, bagi saya pribadi, masih kurang memuaskan. Kalau nilai, C+ untuk flavornya.

Karena sebagai device AIO untuk DTL, harusnya lebih menonjolkan flavor yang cukup padat dan intense. Ini yang tidak saya dapati di Druga Narada.

Mungkin, dengan adanya RBA coil head, dapat menutupi kekurangan masalah flavor tadi.

Performa baterai cukup bagus, dan yang keren, ga perlu waktu lama untuk mengisi ulang baterainya. Super kilat.

Kesimpulan

Druga Narada AIO di desain stylist dan solid. Nyaman digenggam dan memberikan kesan mewah.

Walaupun dengan performa chip yang bagus, sayangnya 2 coil head bawaannya belum mampu memberikan flavor yang optimal.

Menggunakan rubber plug sebagai AF reducer menurut saya kurang efisien dan cukup merepotkan selain rawan hilang.

Pros:
Desain
Build quality
Fast charging
Smooth airflow
Replaceable driptip

Cons
Desain airflow reducer
Flavor kurang optimal
Ga ada fitur power adjustment
RBA coil head dijual terpisah

59 thoughts on “Druga Narada AIO, Bagus, Tapi…”

  1. penulis menggunakan narada dengan liquid salt nic atau freebase ? kalau pernah menggunakan freebase bagaimana rasa nya ? saya menggunakan salt ingin tahu bagaimana rasanya menggunakan freebase

    1. Gua baru seminggu nyoba freebase di narada, pertama flavor nonjol, tapi gak bertahan lama,baru 3hari coil baru udah berasa nggk enak hambar
      Btw gua pake freebase nic 6

      1. Punya saya juga gitu, gak mau fairing, cuma kedip”3x, tolong solusinya, ap ganti catrick ap pod nya sudah rusak

  2. Sya pakai coil 0.5 untuk liquid freebase setelah pemakaian 2 hari sudah terasa gosong. Bgtu jga dgn coil yg 0.6 nya. Mohon penjelasan nya supya coil tdk cepat gosong. Trims

    1. Coil gosong jika masih baru bisa disebabkan beberapa faktor.

      1. Jenis liquid yang dipakai
      Jika liquid memiliki kadar manis yang tinggi, akan cepat membuat coil berkerak akibatnya akan terasa gosong atau minimal flavor menurun. Solusinya, ganti liquid.

      2. Chain vaping
      Tidak semua coil pabrikan memiliki kualitas penyerapan yang sama. Jika penyerapan coil kurang bagus, dan sering chain vape, maka akan cepat merusak coil. Solusinya jangan terlalu chain vape, kasih jeda sebentar agar coil ada waktu untuk penyerapan liquid.

      3. Lambat refill
      Kadang user mengunakan device sampai liquid hampir habis atau bahkan habis. Ini juga mengakibatkan wicking/penyerapan yg tidak sempurna sehingga juga dapat mengakibatkan coil cepat rusak. Solusinya, jangan tunggu sampai habis, segera isi liquid kembali.

      Masih ada beberapa faktor lagi, tapi minimal 3 poin itu sangat berpengaruh.

      Mudah²an dapat membantu.

      1. Mau tanya.pod narada.lama gak kepak
        Dan skrg di cas gak ns masuk.mungkin ada solusi bang

    1. Bisa jadi ada liquid yg masuk lewat pin connectornya. Saya tidak menyarankan tapi kalau bisa bongkar, bongkar kemudian bersihkan liquid yg mungkin masuk ke dalam dan keringkan.

  3. Bang kalau cartridge sering bocor itu kenapa dah ya? Saya pakai druga narada yg airflow nya ngga titik 5 gitu, apakah itu ngaruh ke catridge yg sering bocor liquidnya??

  4. perbedaan occ sama mesh coil itu apa ya…ane mau beli coil tapi disitu tertulis ada yg occ ada juga yg mesh…kira2 enakan yg mane gan…???
    hwhehehehehehe

    1. OCC itu singkatan Organic Cotton Coil atau coil yg menggunakan kapas sebagai wicking materialnya. Coilnya sendiri bisa normal round wire pada umumnya atau mesh (berbentuk jaring).

      Dr segi flavor, jelas mesh coil lebih unggul dibanding round wire karena penampang coil lebih luas dan jumlah liquid yang tervaporasi lebih byk. Kurang lebihnya spt itu.

  5. Min kenapa druga narada saya kan abis batre nya kedip merah pas di charging kenapa ko kedip kedip merah terus yaa? Gimana ini

  6. tanya dong min.. bru beli druga narada td sore…dipake…bisa sekitar 5-6 hisapan lah.. abis itu ga firing lg. battery udh full…di charge pun dr lampu merah sampe mati. kenapa ya gan? mnta tlg bantuannya dong😫🙏

  7. Min mau tanya kenapa druga narada saya kan abis batre kedip merah.. pas di charging kenapa ko kedip kedip merah terus yaa? Gimana ini

  8. Kira2 liquid yg cocok apa ya buat druga, saya pake iceberg yg melon, TH nya ga gitu kerasa jadi menthol nya ga kerasa. Terimakasih

  9. Min, saya baru ganti coil 0.5 kok pas di hisap berat banget ya, airflownya kayak ketutup, rasanya jadi hambar. Padahal coil baru liquid baru dan udah di rendem lebih dari 10 menit liquid setengah catridge

  10. Maaf mau tanya knp ya lampu indikator pada saat ngecharge g nyala padahal bru seminggu,sebelumnya klo di charge nyala aj,tolong infonya

  11. Mohon penjelasan saya pakai druga narada, dan saya pakai liquid banana cheese cake smoothies nic 12mg PG:VG 50:50, dengan coil 0,5,,tetapi terasa sakit di tenggorokan dan bau kebakar, lalu meletup-letup,, apa liquid itu tidak cocok yah ? Terima kasih

  12. Mau nanya pod druga narada saya lampu kedip 10x itu kanapa ya… Dan kalo di cas lampu nya ga nyala itu kanapa yah.. Mohon pecernahan nya

  13. Konfir dong gan gw pake juga tapi dah 2 bulan Narada gua mati gak bisa ngechat buat kabel USB gak masalah, ane dah bongkar klo di panasin baru naik titik merah trus mati solusinya gimana gan

    1. Bantu jawab gan, kemaren punya gw juga kayak gini terus gw bongkar banyak liquid yg leak ampe ke connector cas nya, di bersihin aja tuh. Sama gw kemaren juga ngebongkar sampe ke bagian batre nya juga terus bisa kok.

  14. Bang punya gua ga dipake 2mingguan,setelah gua mau pake lagi gua chrgr set jam ga nyala2,gua chrgr semaleman pun ga nyala2. Kira2 rusak atau gmana yah,pdhl cman ga di pake 2mingguan

  15. Salaam seduluran bang bagi info dong druga narada ini yang pas buat COIL 0.6 INI pakek liguit apa saltinc makci bang…

  16. Min druga saya pake coil 0.5 , beli liquid nic 3 . Kenapa ga keluar ya wangi nya? Apa ada yg harus saya ganti?

  17. Min druga narada saya udah lama gak ke pake, trus pas mau d pake udah di tekan 5 kali ngga hidup. Dan dia indikator lampu merah hidup bentar kira² 5 detik habis tu mati.
    Di ulang lagi kyak gtu juga, stelah 5 dekltik lampunya mati, di cas lama pun, ngga jga mau hidup, apa masalah nya ya mun ?

  18. Min druga narada saya udah lama gak ke pake, trus pas mau d pake udah di tekan 5 kali ngga hidup. Dan dicas indikator lampu merah hidup bentar kira² 5 detik habis tu mati.
    Di ulang lagi kyak gtu juga, stelah 5 detik lampunya mati di cas, di cas lama pun, jga ngga mau hidup, apa masalah nya ya min ?

Tinggalkan Balasan